Sunday, August 11, 2019

Macam-Macam Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Ponsel



Tingkah yang ceroboh pada diri anda mempengaruhi umur ponsel anda. Misal nya, memasukkan smartphone ke kantong celana jeans anda. meletakkan kedalam tas tanpa alas/sarung, bersikap ceroboh sehingga berakibat smartphone masuk kedalam air

dari cara mencarger smartphon anda juga mempunyai aturan, agar bateray smartphone bisa sehat dan tentunya bisa awet.

Untuk megecek kesehatan smartphone, anda bisa curhat ke cervice center resmi yang sesuai dengan merek smartphone anda. atau mencari pengobatan alternatif dengan biaya yang lebih murah di pusat reparasi ponsel. hanya saja anda harus mempunyai tempat reparasi yang terpercaya, supaya tidak tipu-tipu.

ini dia: 11 kerusakan yang sering terjadi  

1. integrated circuit ( ic ) power
Ic power merupakan perut dari ponsel. gejala kecil pada smartphone bisa berujung pada penyakit paling kronis yang terletak pada komponen ini. jika titik ini sudah mengalami penyakit pilihan hidup atau mati sudah di ambang pintu.

kerusakan pada IC power umumnya terjadi jaringan listrik pada saat anda men-carger ponsel tidak stabil dan sering naik turun. hal ini disebabkan karena arus listrik pada daerah anda kurang stabil. jadi buat anda yang tinggal pada daerah kuarng aliran listrik sebaik nya berhati-hatilah.

2. flexsibel ( cabel )
umnya terjadi pada ponsel lipat, flexsibel merupakan penghubung antara mesin dengan layar(lcd) bila terjadi pada kerusakan titik ini LCD pada ponsel anda akan mengalami hal seperti.kedip-kedip, LCD blank. atau mati pada layar.

3. Driver LCD.( liquid circuit display )
kerusakan pada layar LCD yang paling umum di sebabkan oleh ponsel yang sering jatuh. hal ini memang sering terjadi, namun dengan kerusakan yang berbeda-beda. jika layar sudah mengalami cacat maka driver LCD anda mengalami gangguan yang lumayan agak hebat. suka atau tidak anda harus mengganti nya dengan yang baru.

4. driver lampu.
lampu ponseljuga tidak berfungsi, bisa jadi ponsel anda sering terkena air atau lembab. sarung smartphone yang tidakpernah dibuka juga berpengaruh. minimal bukalah sarung smartphone selama seminggu sekali untuk memberikan udara segar pada smartphone anda.

5. IC plus
jika ponsel anda di lengkapi dengan berbagai fitur aplikasi, maka saya hanya bisa mengingatkan supaya berhati-hatilah. pengoprasian menu yang tidak sabar atau semau anda sendi, maka secara tidak langsung anda sudah menyiksa smartphone. dengan contoh, anda memainkan game, anda langsung tekan tombol of (end call) atau tanpa melalui exit. hal ini membuat sistem sofwer yang bekerja pada sistem lama-lama nkan ngambek. alias ic plus pada ponsel terganggu pola kerja nya.
untuk mencegah nya. ikuti pola main pada ponsel dengan trajin membaca buku panduan. hati-hati juga dalam menghapus aplikasi ponsel, kerusakn IC plus bisajuga terjadi pada saat mengjhapus alikasi eksplore yang tidak sengaja.

6. IC RAM.
smartphone dengan memori eksternal atau internal memang rentan terhadap virus ponsel. menghidupkan bluetooth yang sembarangan ketika anda mentranfer data atau mendownload data menjadi jalur yang paling resiko.
selain ular virus, kerusakan pada IC RAM disebabkan juga pada memori ponsel anda jebol, kapasitas memori yangtak seimbang dengan kapasitas data yang anda masukkan kedalam smartphone, maka perhatikan sejauhmana ponsel menyimpan foto atau lagu-lagu.

7. ic power amplifier (PA)
kinerja IC pa sangat tergantung bagimana cara anda menggunakan smartphone. jika anda sedang berada dalam gedung ataupun sedangberada di luar kota yang jauh dari lokas BTS. kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan menjadi kurang maksimal.
Nah jik anda sedang tidak berada dalam kondisi tersebut namun kondisi sinyal tidak saja stabil, ini bisa bertanda IC PA anda rusak, penyebab kerusakan masih serupa, yaitu ponsel sering jatuh, terkena air sehingga mengakibatkan konslet. 
8. IC audio
jika fungsi audio smartphone anda tidakmaksimal. suara telepon jadi tidakberbunyi, perangkat ini ada pada spiker atau buzzer ( bunyi ringtone ) spiker ponsel tidak berbunyi ketika tahanan kaki spiker tidak menempel pada mesin atau tidak kencang. untuk memastikan nya, tekan bagian spiker lalu minta temankamu untuk menelepon ponsel anda. jika spiker anda masihsaja tidak berbunyi, maka anda harus mengunjungi pusat reparasi smartphone.

9.keypad/Touchscreen.
kotoran yang masuk pada sela-sela keypad adalah biangkerok kerusakan. jika masih di besihkan maka bersihkanlah, biar anda bisa ngirit pengeluaran, dan apabila tidak berfungsi mau tidak mau anda harus mengganti nya dengan yang baru.

10. kamera
jika kamera smartphone anda tidak berfungsi dengan baik hanya ada dua kemungkinan, fleksibel kamera copot., sofwer pada smartphone korup atau rusak. gejalanya mudah di fahami, gambar tidak tampak pada layar smartphone. cara kuraang terang, atau gambar pecah.

11. HANG
hang biasanya terjadi pada smartphone yang mengusung OS Android. hang umumnya di sebabkan pada memory internak dan RAM yang hampir atau sudah penuh dengan gejaya yang di timbulkan tiba-tiba fungsi smartphone berhenti dengan sendirinya. proses apapun tiba-tiba tidak berfungsi. dan layar sentuh macet dalam waktu yang cukup lama.
Jalan keluar yang bisa anda tempuh hanyalah flash ulang dengan firmware yang baru.

berikut adalah cara mendeteksi kerusakan pada smartphone.

  • untuk mengecek jaringan/ sinyal smartphone. kita pilih pengaturan jaringan menjadi manual. dan cobalah melakukan pencarian jaringan. jika smartphone mendeteksi 4 atau lebih jaringan maka dapat di simpulkan sinyal smartphone anda masih dalam kedaan normal. (yang penting jangan di daerah pegunungana)
  • untuk masalah batery, cobalah menelepon operator agaklama(kurang lebih 10 menit) jika kurang dari 5 menit batery turun drastis, maka dapat di simpulkan batery anda sudah mengalami kerusakan. atau ada kendala short pada IC PA (konsleting)
  • cobah mengecek operator dengan mengecek suara dari spiker smartphone. kalau suaranya sember ataupun kurang enak di dengar maka gantilah dengan yang baru.
  • cobalah menggunakan fitur rekaman, itu dapat mengecek apakah mic dari smartphone tersebut masih bagus, atu sudah rusak, kalupun tidak ada fitur rekaman, cobalah dengan vidio recorder, daan apabila tidak adajuga terpaksa anda harus meminta teman anda untuk menelepon smartphone anda. 
  • tes jepret kamera, bila ada fitur kamera. 
  • tes play music dengan mencolokkan handset. 
  • tes fitur getarjuga jangan lupa.
  • untuk mengetes apakah ada kerusakan pada CPU smartphone. cara mengecek nya dengn menekan tombol 1-9 dengan cepat dan terus secara berulang-ulang. dan apabila smartphone hang aatau restar secara tiba-tiba maaka dpat di simpulkan CPU anda sudah mengalami masalah.
  • khusus buat lenovo anda bisa menekan tombol ####1111# maka disitu akan banyak piilihan menu yang dapat anda coba. 
  • jika smartphone anda sering yang namanya hang logo, restar terusmenerus, atau lain sebagainya, anda bisa me manfaatkan hand reset atau kembali kepengaturan awal. 

Untuk melihat smartphone sudah pernah ganti mesin atau belum. maka anda dapat melihat dengan menekan tombol *#06# maka anda akan menemukan ime, Nah anda dapat mencocokkan ime yang di tunjukkan oleh smarthone dengan ime yang ada di belakan smartphone, atau bisa juga dengan melihat pada kotak smartphone, apabila ime berbeda dapat di simpulkan mesin smartphone anda sudah pernah ganti, dan begitu sebalik nya.


No comments:

Post a Comment